jump to navigation

Jenis-jenis ram May 20, 2009

Posted by aji23 in 14789.
trackback

Sering kali kita bingung jika ditanya berapa kapasitas memory di komputer kita? atau yang lebih ekstrim lagi kalo ditanya, memory di komputer kita PC-nya berapa? atau Jenisnya apa? tentu jika kita tidak tahu akan sangat sulit menjawab, hal ini akan menyebabkan masalah ketika kita akan menambahkan memory pada komputer kita, apakah nanti memory baru akan cocok dengan komputer kita atau tidak, terus kalo kita mau nambah memory, memory yang lama apakah masih dapat digunakan?

Pada dasarnya saat ini terdapat beberapa jenis memory khususnya untuk personal desktop, atau komputer biasa, antara lain:

  • Memory  Jenis SDRAM
  • Memory Jenis DDR-SDRAM atau lebih dikenal dengan DDR saja
  • Memory jenis DDR2-SDRAM atau DDR2
  • dan memory jenis DDR3-SDRAM

SDRAM memoryDDR2 sdram

memory pada sebelahkiri adalah jenisnya SDRAM, sedangkan pada bagian tengah adalah jenis DDR SDRAM, dan pada bagian kiri adalah jenis DDR2-SDRAM, mungkin kita tidak dapat melihat secara jelas, baiklah, begini ciri-cirinya:

1. SDRAM

Digunakan pada umumnya pada komputer Pentium 2 sampai awal pentium 4, pada AMD, digunakan pada K5 K6 dan K7 awal (Duron, Athlon), terdapat 2 buah notch, memiliki jumlah pin 168, sehingga pada suatu sisi pin terdapat angka 1, angka 85, angka 86 dan angka 168. SDRAM memiliki kecepatan yang biasa dikenal dengan istilah PC, yaitu PC-66, PC-100, PC-133 dan PC-150.

2. DDR SDRAM

Digunakan pada Intel yaitu pada Pentium III (tidak semua) dan Pentium 4 (pertengahan 1,7 GHz – 2,4 GHz), pada AMD, DDR digunakan pada Duron dan Athlon XP, bahkan Athlon 64 juga ada yang menggunakan memory ini. Perbedaan dengan SDRAM adalah pada notch (coakan) yang ada, pada DDR hanya terdapat 1 notch, yaitu di bagian tengah agak menjauhi pin nomor 1, jumlah pin dari DDR ada 184 pin, sedangkan kecepatan DDR 2 adalah, PC-1600(DDR200), PC-2100(DDR266), PC-2700(DDR333), Dan PC-3200(DDR400).

Semoga berguna, jika anda mengalami masalah dengan pemasangan memory, apakah cocok atau tidak, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah slot memory pada komputer kita harus cocok, dan jika kita akan memasang 2 memory dengan nilai PC yang berbeda, sebaiknya memory dengan PC yang lebih rendah kita lepas saja, karena akan menghambat kinerja memory dengan PC yang lebih tinggi. Jika kita ingin memasang 2 memory dengan jenis PC yang sama tetapi memiliki kapasitas yang berbeda, pasang memory dengan kapasitas yang lebih kecil paling dekat dengan processor untuk menghindari efek bottle neck, perlu diperhatikan juga kita pasang memory yang kedua jangan pada slot 2 tapi slot 3 (jika ada).

sumber: http://teknisidasar.blogsome.com/2008/06/24/jenis-jenis-ram-berdasarkan-bentuk-dan-kecepatan/

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: